Panduan Aksi Damai Bela Al Qur’an 4 November 2016

By | November 3, 2016

panduan aksi bela al qur'anSahabat semua, bagi yang besok (4 November 2016) akan turun untuk mengikuti aksi damai #BelaQuran maka berikut ini adalah panduannya :

  1. Ikhwah fillah, siapkan ruhiyah kita untuk mengikuti aksi bela Alquran bersama para ulama tanggal 4 November 2016.

    Ini bukan sekedar aksi turun ke jalanan, bukan sekedar parade longmarch. Tapi jauh lebih dalam daripada itu, kita hendak mempersaksikan kecintaan kita kepada Allah. Bahwa kelak, ketika di yaumil hisab, kita bisa bersaksi bahwa inilah wujud kecintaan kita, bentuk pembelaan terhadap Alquran, implementasi keimanan kita. Siapapun yang menistakan Alquran maka kitalah pembelanya.

    Sungguh sejatinya Allah tak membutuhkan teman untuk meninggikan Alquran, Allah maha kuasa sendirian menjatuhkan hukuman kepada para penista Alquran. Tapi inilah kita, ikhtiar kita agar ada yang bisa kita sampaikan kepada Allah, atas amal yang sudah kita perbuat di dunia untuk melawan musuh-musuh Allah.

    Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

    وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ

    Artinya : “dan supaya Allah mengetahui siapa yang MENOLONG (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya. Padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Maha Perkasa.” (QS. Al Hadid : 25)

    2. Selama melakukan aksi, penuhi hati, lisan dan pikiran kita dengan ayat-ayat Allah.
    Lantunkan dzikir, bacakan sholawat. Lakukan murojaah dari ayat-ayat yang dihafal. Khusyukkan hati kita, bahwa kita adalah penolong agama Allah, kita adalah anshorullah.

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنْصَارَ اللَّهِ كَمَا قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّينَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ ۖ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ ۖ فَآمَنَتْ طَائِفَةٌ مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَكَفَرَتْ طَائِفَةٌ ۖ فَأَيَّدْنَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَىٰ عَدُوِّهِمْ فَأَصْبَحُوا ظَاهِرِينَ

    Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah sebagaimana Isa ibnu Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia,
    “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?”
    Pengikut-pengikut yang setia itu berkata, ” Kamilah penolong-penolong agama Allah,”
    lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan lain kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.
    (QS As Shaff ayat 14)

    3. Aksi kita adalah aksi damai.
    Jangan mudah terprovokasi, perhatikan selalu kondisi lapangan, jika ada yang mencurigakan, laporkan segera ke petugas di lapangan. Setiap peserta aksi dari komunitas #HOTS akan dibekali sticker penanda berlambang #HOTS.
    Untuk ikhwan dipasang di dada kiri, untuk akhwat dipasang di kerudung.

    4.     Aksi kita adalah aksi damai
    Jangan buang sampah sembarang, jaga kebersihan, pungut sampah yang berserakan, masukkan ke dalam plastik sampah. Setiap peserta aksi #HOTS akan dibekali plastik untuk kantong sampah.

    5.     Aksi kita adalah aksi damai
    Jangan mencela dan mencaci petugas keamanan yang turut menjaga ketertiban aksi kita. Kita datang untuk menyuarakan aspirasi kita, dan mereka bertugas menjaga keamanan. Maka ramahlah terhadap mereka. Dan berkoordinasilah dengan mereka jika ada hal-hal yang mencurigakan.

    6. Aksi kita adalah aksi damai.
    Jangan merusak tanaman, fasilitas di sepanjang jalan yang kita lalui. Jaga keamanan dan ketertiban.

    7. Bawa perbekalan tambahan air botol yang besar, jika ternyata Masjid Istiqlal tidak mampu menampung jamaah, bisa melaksanakan sholat jumat di lapangan, gunakan air tambahan untuk berwudhu jika kekurangan air

    8. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, beberapa hal berikut harap diperhatikan:

    a. Bawalah pasta gigi, jika ada gas air mata, pasta gigi bisa menetralisir
    b. Bawalah air tambahan dan saputangan/handuk kecil, untuk membasahi mata jika terkena gas air mata
    c. Bawalah alas sholat dan baju ganti serta uang saku yang cukup jika seandainya harus menginap
    d. Bagi peserta akhwat, segera menjauh dari lokasi jika terjadi keributan, usahakan tetap bergabung bersama jamaah wanita yang lain, tidak sendirian
    e. Untuk peserta akhwat, bisa jadi aksi damai ini akan berkelanjutan, sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Jika kondisi tidak kondusif, segeralah kembali ke rumah, jangan terlalu malam, dan berusahalah tidak sendirian.

    9. Ketika berkumpul di posko #HOTS pukul 9 pagi WIB, panitia akan membagikan selebaran panduan aksi, snack, air minum, makan siang. Harap berkoordinasi dengan panitia di lapangan terutama untuk koordinator #HOTSer daerah.

    10. Jika terdapat peserta aksi yang mengalami gangguan kesehatan, segeralah mencari unit-unit kesehatan mobil terdekat. Hubungi panitia jika membutuhkan bantuan.

    11. Bawalah kantong plastik tambahan, jika terjadi hujan, bisa digunakan untuk melindungi dompet/hape atau barang lainnya.

    12. Ketika mendatangi POSKO #HOTS, maka tunjukkan whatsapp group anda, yang menunjukkan anda adalah peserta dari group aksi damai #HOTS

    13. Pastikan hape anda dalam kondisi full baterai, bawalah cadangan power bank jika ada agar komunikasi bisa terus berlangsung. Dokumentasikan sebanyak mungkin kondisi lapangan baik melalui foto, video, facebook live,live tweet dan sebagainya, kabarkan lewat media sosial, whatsapp, dan chanel publikasi lain sebanyak mungkin agar dunia mengetahui aksi kaum muslimin 4 November 2016

    14. Aksi kita aksi damai, wujud kecintaan kepada Allah, maka jauhi hal-hal yang justru membuat kecintaan kepada Allah ternodai.
    Jaga sikap, tidak ikhtilat, jaga lisan, jaga hati, jaga pandangan. Gunakan baju yang syar’i.

    15.  Diharapkan sedapat mungkin tidak membawa anak kecil pada aksi damai ini, karena kemungkinan padatnya peserta aksi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

    16. Untuk mengantisipasi padatnya peserta aksi, bagi peserta, terutama yang datang dari jauh, hendaknya merencanakan waktu perjalanan sebaik mungkin, menghindari macet maupun hal-hal lain. Untuk ikhwan jika bisa menginap malam ini akan lebih baik.

    17. Bagi yang tidak bisa mengikuti aksi ini, mohon untuk tidak lepas mendoakan agar aksi ini mencapai tujuannya, bahwa para penista Alquran akan dilaknat oleh Allah, Malaikat dan kaum muslimin lainnya. Tunjukkan bahwa pembela Alquan tidak hanya mereka yang turun ke jalanan, tapi di semua belahan bumi, di mana ada iman, di situlah para pembela Allah berada.

Semoga kita semua Allah berikan keberkahan dan perlindungan, dan kedepan tidak ada lagi orang orang yang berani menistakan Al Qur’an

 

Silahkan share....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *