Hukum Tidur di Siang Hari Menurut Islam, boleh apa tidak ya? Akan kami bahas pada artikel berikut ini, simak ya.

Tidur merupakan hal yang sangat wajar dilakukan oleh manusia. Ini dikarenakan manusia memiliki rasa mengantuk yang merupakan sunatullah. Namun apakah tidur siang itu boleh dilakukan? Kami akan membedah dalam perspektif kesehatan dan juga menurut Islam. Rasulullah memberikan contoh, dan ingat sebaik baik contoh adalah yang diajarkan oleh Rasulullah. Rasulullah memberikan contoh tidur siang atau dalam islam disebut dengan QOILULAH atau QOILULLAH yakni tidur singkat di siang hari. dan hal ini pun sebenarnya di syariatkan dalam Al-Qur’an di dalam surat Ar Rum ayat ke 23 dimana Allah berfirman : Dan diantara tanda tanda kemurahanNya dan kasih sayangNya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebahagian dari karuniNya. Sesungguhnya pada hal yang demikian itu terdapat tanda tanda bagi orang-orang yang mau mendengar (nasihat pengajaran).

Tidur siang di dalam Islam.

hukum tidur di siang hari menurut islam

Lalu kaapnkah waktu yang tepat untuk kita tidur siang? Dan berapa lama sebaiknya kita tidur siang? Imam muslim mengatakan bahwa Qoililah dilakukan tengah hari, dan Rasulullah juga berkata, bangunlah di tidur siang beberapa menit sebelum azan Zuhur. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidur siang itu 10-30 menit sebelum sholat zuhur dan bangun sesaat sebelum sholat zuhur. Imam Ghozali juga memberikan pernyataan di dalam kitab ‘Ihya Ulumuddin yakni : Hendaklah seseorang tidak meninggalkan tidur di siang hari karena ia membantu ibadah di malam hari, layaknya sahuri membantu puasa di siang hari. Sebaik baiknya bangun ialah bangun sebelum gelincir matahari sebelum sholat zuhur.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kita semua, dan kita bisa mengamalkan amalan Rasulullah ini dalam kehidupan sehari hari kita. Terima kasih sudah berkunjung di website kami.

Salam

@SahuriNur

Silahkan share....